NARKOBA KARCIS MENUJU SENGSARA

Di tengah era globalisasi ini, semakin pesat perkembangan teknologi dan inovasi-inovasi baru tercipta. Tetapi semua itu sangat terbalik dengan moral dan tingkah laku manusia saat ini. Dewasa ini moral manusia sudah semakin buruk. Mereka tidak dapat menciptakan suatu keadaan yang kondusif dalam membentuk vkepribadian yang lebih baik. Banyak dosa yang manusia lakukan, contohnya: mengkonsumsi narkoba, minum-minuman keras, mencuri, merampok, berzina dll.

Khususnya narkoba, tentunya kita pernah istilah “narkoba” bukan? Tak sedikit para pemakai berpulang kepada Sang Pencipta karena mengalami overdosis. Akan tetapi, pada saat ini narkoba lebih dikenal sebagai Napza atau singkatan dari Narkotika,Psikotropika, dan Zat Adiktif. Menurut data terakhir BNN sp Oktober 2006 jumlah Anak usia sekolah penyalahgunaan narkoba 15.758 dengan rincian sebagai berikut :

– Tingkat SD/MI : 227
– Tingkat SMP/MTS : 4012
– Tingkat SMA/MA : 11086
– Perguruan Tinggi : 433
Rata-rata naik 1,6 % per tahun.

NARKOBA
A.Pengertian
Zat Adiktif adalah zat-zat kimia yang dapat mengakibatkan kecanduan / ketagihan pada pemakainya. Misalnya :narkoba (narkotika dan obat berbahaya psikotropika). Kata narkotika berasal dari bahasa Inggris yaitu Narkotics yang berarti obat bius. Dalam bahasa Yunani disebut narkose yang berarti menidurkan atau membiuskan. Menurut UU RI No 22 th 1977 ( tentang Narkotika ), narkotika adalah zat / obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintesis maupun semi sintesis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangnya rasa nyeri dan menimbulkan ketergantu8ngan. Contohnya : narkotika yaitu ganja,opium,candu,morfin, heroin, kokain dll.

Pada UU RI No 5 th 1977 tentang Psikotropika disebutkan bahwa psikotropika adalah zat atau obat alamiah maupun sintesis, bukan narkotika yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan syaraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktifitas mental dan perilaku.
Contohnya: – LSD ( German: Lyserg saure drethylamid)
– Amfetamin ( ectasy, shabu-shabu)
– Rohypnol
Kesimpulannya narkotika adalah zat atau obat yang dapat mempengaruhi susunan syaraf pusat dan medis berfungsi untuk mengurangi / menghilangkan rasa sakit, sedangkan psikotropika adalah zat / obat yang dapat mempengaruhi aktifitas mental calon prilaku yang biasanya digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan kejiwaan.

B. Penggolongannya
Obat-obatan yang dapat mempengaruhi pikiran mannusia dibagi menjadi 3 golongan yaitu
1. Stimulan
Stimulan adalah golongan obat-obatan yang sangat efektif memberikan rangsang terhadap otak dan sistem syaraf. Obat ini dikenal sebagai obat perangsang. Misalnya: ecstasy dan kokain.
2. Depresan
Depresan adalah golongan obat-obatan yang dapat memperlambat aktifitas kesadaran. Obat ini sebagai obat penenang. Misalnya : morfin.
3. Halusinogen
Halusinogen adalah golongan obat-obatan yang menyebabkan timbulnya halusinasi dan khayalan. Halusinasi merupakan penghayatan semu yaitu melihat atau mendengar sesuatu yang tidak nyata. Misalnya:
Ganja.
Menurut jenis dan penggolongan zat adiktif
1. Narkoba
Narkotika ada yang berasal dari tanaman dan bukan tanaman. Berdasarkan sumber dan cara pembuatannya, narkotika digolongkan sebagai berikut candu,coca,ganja.
2. Alkohol
Zat yang mengandung etanol. Berfungsi menekan saraf pusat. Dalam dosis rendah menyebabkan tubuh lebih terasa segar.
3. Psikotropika
Agar lebih jelas dibawah ini dijelaskan beberapa jenis narkoba yang ada ciri-cirinya yaitu putaw, shabu-shabu, ectasy.

Faktor – faktor yang mendukung penyalahgunaan narkoba
a.Faktor Individu
1. Religi / keagamaan yang rendah
2. Adanya gangguan kepribadian: secara kejiwaan mempunyai ciri-ciri: gangguan cara berpikir, gangguan emosi, gangguan kehendak dan perilaku.
b.Faktor Lingkungan
3. Faktor keluarga : pola asuh orang tua, sifat bawaan, tidak harmonis,tidak dapat cinta dan kasih sayang, keuangan yang banyak atau minim.
4. Faktor lingkungan dan tempat tinggal
5. Keadaan sekolah: pengaruh teman, kurang informasi dan pengawasan guru, ajang persaingan prestasi.
6. Keadaan masyarakat pada umumnya
Peredaran nakoba meningkat, mudah didapatkan.

C.Pencegahan
Penyalahgunaan alkohol dan obat-obatan semakin hari oleh anak-anak menjadi masalah yang semakin memprihatinkan semua orang tua. Dari beberapa penelitian yang sudah dilakukan disepakati bahwa membangun jalinan komunikasi intens antara orangtua dan anak merupakan alat yang ampuh untuk dapat mencegah hal-hal yang tak diinginkan.
Cara-cara pencegahan narkoba yang lainnya antara lain :
– memperekuat keimanan
– memilih lingkungan pergaulan yang sehat
– komunikasi yang baik
– hindari pintu masuk narkoba yaitu rokok
Dalam menanggulangi beredarnya NAPZA maka harus tercipta koordinasi semua pihak mulai dari sekolah, orang tua siswa dan masyarakat. Berikut cara untuk membatasi gerakan NAPZA :
– Melaporkan segala bentuk kepemilikan, peredaran atau penyalahgunaan lain yang dilihatnya kepada sekolah, orang tua atau pihak yang berwajib.
– Mempelajari dengan sungguh-sungguh akan bahaya akibat mengkonsumsi NAPZA.
– Meningkatkan keimanan dan ketakwaan.

Kiat –kiat menghindari Narkoba
Sekarang kita sudah tahu betapa dahsyatnya bahaya yang terjadi akibat penyalahgunaan narkoba. Upaya penyembuhannyapun tidak mudah. Oleh karena itu jangan sekali-kali rencana menggunakannya. Untuk membentengi diri kita agar tidak terjerumus pada penyalahgunaan narkoba ada beberapa yang perlu dilakukan antara lain:
1. Dekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa agar kita diberi kekuatan untuk melawan godaan.
2. Jangan pernah mencoba karena sekali mencoba pasti akan ketagihan.
3. Jangan bergaul dengan pecandu, pengedar agar kita tidak terpengaruh.
4. Pelihara komunbikasi yang harmonis dengan orang tua, kleluarga sehingga jika kita ada masalah tidak perlu mencari solusi yang semu melainkan mengatasi secara bersama-sama dengan keluarga.

Oleh karena itu janganlah kita mengenal Narkoba, jauhlah darinya ingatlah hidup hanya sekali, gunakan waktu yang bermanfaat. Jangan sia-siakan hidup ini hanya untuk narkoba karena hanya membawa menuju NERAKA. Satu kalimat untuk hidup : SAY NO TO DRUGS!

Tentang 4stoety

Guru Bimbingan Konseling di SMP Negeri 5 Kota Magelang
Pos ini dipublikasikan di Palang Merah REmaja, Psikologi Sosial dan tag . Tandai permalink.

5 Balasan ke NARKOBA KARCIS MENUJU SENGSARA

  1. dyth berkata:

    Emang ada yang jual karcis sengsara?! Pesennya dimana?! Harga berapa?!

  2. abenk berkata:

    mantap postingannya gan….
    salam kenal ya……..
    check it out.. KUNJUNGI JUGA INI YA
    BLOG SAYA

  3. myun berkata:

    terima kasih postingannya ya..
    kunjungi repository unand

  4. astuti berkata:

    @ Abenk : Makasih ……salam kenal kembali ….ok
    @Myun : Thanks ….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s